14
Mar

Rotiboy Container

Arsitektur adalah bidang yang luas. Bangunan yang didesain dapat digolongkan dalam beberapa kategori mulai dari skala besar, kecil, tinggi, rendah, dan lain-lain. Salah satu keuntungan menjadi seorang arsitek adalah kita dapat belajar mendesain semua nya.

Baskara mendapatkan kesempatan untuk mendesain sebuah arsitektur yang dapat dibilang kategori yang unik. Untuk sebuah brand yang sudah terkenal yaitu Rotiboy, Baskara ditantang untuk mendesain sebuah stand bakery dalam bentuk unik yaitu container. Tantangan terbesar adalah bagaimana menggunakan sebuah modul yang realitanya cukup kecil untuk menyediakan tempat nyaman berjualan roti dan kopi serta area duduk santai menikmati hidangan tersebut.

Riset demi riset telah kami lakukan sehingga kami mengambil kesimpulan bahwa hal yang harus diperhatikan adalah mendesain container tersebut seefektif mungkin dengan menggunakan modul serta menonjolkan colour image brand dari Rotiboy yaitu kuning. Dengan lokasi yang terletak di area SPBU, container ini tampil mencolok, menyajikan roti dalam counter yang ditata hanya separuh container untuk efisiensi ruang gerak penjual dan pembeli serta adanya area duduk untuk pengunjung istirahat menikmati rotiboy.

Pengalaman mendesain container ini membuat kami sadar, bahwa dalam bentuk atau kategori apapun. Sebuah arsitektur akan selalu kompleks dan membutuhkan pemikiran lebih untuk menyelesaikan tantangan yang muncul. Tantangan akan selalu ada dan kami arsitek akan selalu ditantang untuk menyelesaikannya.

-la